Belajar Bahasa Inggris: #1. Memulai Belajar Speaking

9 Januari 2010 pukul 3:27 am | Ditulis dalam Belajar Bahasa Inggris, Coret-coret | 4 Komentar

Ironi hidup Orang_Hutan Gandrung online: “Kuliah uda Semester 5 tapi ga bisa Bahasa Inggris alias kemampuan Bahasa Inggris ada di Level_AKUT”. :( Sebenernya uda dari duluuuuu… banget sadar pentingnya nguasain bahasa inggris n segera pengen bisa bahasa inggris. Tapi emang dasarnya arek ndableg ya akhirnya kluyuraaan aja….!!! :D

Semester 5 berakhir, liburan pun tiba… “Waktunya Aktivasi Program Bahasa inggris…!!!”

Program yang paling mendesak adalah bisa ngomong Inggris.

*Memulai Balajar Speaking*

1. Mengadopsi Filosofi Bayi

Belajar speaking pada dasarnya adalah kita belajar untuk berbicara. Seperti halnya bayi yang baru lahir kedunia, dia merasa asing tetapi memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tak kenal menyerah, ngga punya rasa jaim (Jaga Image). Kalo pengen tahu lebih banyak gimana tingkah laku bayi, coba godain dah tuh bayi tetangga….

2. Belajar Tata Bahasa Adalah Urusan ke-99

Masih berkaca pada bagaimana anak kecil yang memulai belajar berbicara. Ketika belajar berbicara, mereka berusaha agar bicaranya bisa di pahami oleh orang yang ada di sekiatarnya. mereka tidak tahu apa itu grammar, kata kerja, objek, pradikat, kalimat pasif, dkk. Seperti itulah ketika kita mengawali belajar speaking, Tata bahasa tidak perlu di permasalahkan secara berlebih, mulailah berbicaralah meskipun tata bahasanya lumayan kacau. Hal yang perlu ditekankan adalah bagaimana orang lain bisa mengerti bahasa inggris kita. kalau melakukan kesalahan grammar yang sangat fatal, maka orang di sakitar kita pasti akan mengorksinya. :)

3. Memperbanyak Perbendaharaan Kata

Kawan-kawan pasti setuju dengan cara ini. sabab kalau kosa kata kita kurang maka yang terjadi adalah kebingungan akan kata apa yang harus keluar dari mulut kita.dan akhirnya yang keluar adalah bahasa isyarat. Untuk memperbanyak perbendaharaan kata bisa dimulai dengan mengenal benda-benda disekitar kita. mulailah ucapkan segala benda yang ada di lingkungan rumah, kampus/sekolahan, terminal,stasiun, pasar, sawah, tegalan, dan lingkungan lain yang lebih jauh dari otak kita. setelah mengenali, selanjutnya ketika melihat sebuah benda cobalah untuk mengaitkan dengan benda-benda lainya. misal ketika kita melihat korden, pikirkan dan berbicaralah tentang bahan korden,alat yang digunakan untuk membuat korden, apa motif korden tersebut dan lain sebagainya. Tempelkan kosakata tersebut secara berkelompok di tempat-tempat strategis yang sering kita lihat. meja belajar, dekat cermin, atau pasang sebagai background atau screensaver leptop kita. Lebih baik lagi kalau kelompok kosakata kita buat MindMap.

Sebagai bahan belajar awal, rekan rekan bisa download Kumpulan Kelompok Kosakata Ringan disini

4. Menonton Film dan Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Bagi pecinta film dan musik pasti senang akan kabar ini. Yah, dengan menonton film dan mendengarkan musik berbahasa inggris secara tidak langsung kita pun belajar speaking. asalkan melakukan ini disertai dengan usaha menerjemahkan isinya, sebenarnya kita mendapatkan pelajaran yang sangat banyak. kita bisa belajar logatnya dan dengan membandingkan percakapan antara pemainya dengan teks (subtitle) maka kitapun belajar menerjemahkan sesuai konteksnya,bukan menerjemahkan perkata.

5. Buatlah English Area atau English Day

karena kita belajar Speaking, maka komunikasi verbal antar personal harus dilakukan. Buatlah kelompok bersama teman-teman dekat untuk berbicara dengan bahasa inggris. bisa di sepakati dimanapun itu, baik di kosan, kampus maupun di warkop.berbicaralah dengan tema bebas tanpa dibatasi. dan lakukan tanya jawab secara alamiah (seperti kasaharian).Yang perlu diperhatikan adalah usahakan dalam satu kelompuk tersebut tidak terlalu banyak personil (idealnya 4-6 orang), dengan ini maka semua orang didalamnya akan terlibat berbicara tanpa ada yang jadi penonton.

6. Berbincang dengan Turis Asing

Inilah yang kita jadikan evaluasi belajar speaking kita. sering-seringlah untuk ngobrol dengan Turis Asing yang kesehariannya memang menggunakan bahasa ingrris.Orang Bule ini bisa banyak di jumpai di tempat-tempat wisata terkenal. Apabila turis tersebut memahami benar apa yang kita ucapkan bararti ini pertanda baik. :) dan selain untuk evaluasi perkembangan speaking kita, secara tidak langsung kita juga belajar logat berbicara English.

About these ads

4 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

  1. apakah itu bener2 cara manjur untuk bs cas cis cus bahasa inggris, atw cara ntu dah biasa, dh umum, dah bnyk yang tau,,,adakah jurus yg bener2 hebat,,,,,,,,,
    hingga bener2 motto easy speaking english bs terwujud smpek ke anak-anak qt yg diplosok2…

  2. membaca buku yg berteks bahasa inggris, insyaAllah manjur.

  3. simple thing – working with them

  4. hahaha.. . . gw mahasiswa b.inggris tp g bsa ngomong bhs Inggris, wkwkwkwk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: